Senin, 10 September 2012

Media Iklan outdoor Luar Negeri

Berbeda dengan iklan yang ada di Indonesia yang memiliki beberapa format khusus dalam setiap medianya dan sering terkesan sama. Iklan luar negeri jauh lebih bebas dan kreatif dibandingkan iklan yang ada di Indonesia. Gambar dibawah ini merupakan beberapa contoh iklan luar negeri.

iklan diatas adalah contoh billboard yang kreatif dan unik, biasanya iklan billboard di Indonesia adalah berbentuk 2 dimensi dan persegi panjang. namun pada billboard ini juga menambahkan unsur 3 dimensi sehingga dapat lebih menarik minat audience untuk melihat. Di bawah ini adalah contoh lain dari media billboard unik yang ada di luar negeri.



Billboard unik pada gambar diatas tidak jauh berbeda dengan gambar yang pertama yang juga menambahkan unsur 3 dimensi berbentuk mobil balap. hanya perbedaannya adalah billboard ini ditempelkan di bangunan gedung yang tinggi.





Satu lagi contoh billboard unik yang saya dapat dari internet. billboard ini merupakan iklan dari sebuah fitness center. billboard ini tidak menambahkan unsur 3 dimensi. namun dari segi pemasangannya billboard ini tergolong unik. tidak dipasang secara simetris, tetapi dipasang secara asimetris dengan cara di miringkan. layout desainnya cukup simple dan memiliki konsep yang sangat kuat sehingga dapat mengkomunikasikan dengan sangat baik.


Iklan billboard diatas memiliki konsep yang sangat kuat dan memiliki pesan lingkungan hidup yaitu menghemat listrik. iklan diatas merupakan iklan dari perusahaan listrik di luar negeri. biasanya pada billboard yang ada di Indonesia, semua lmpu pada billboard akan dinyalakan agar desain pada billboard dapat terlihat jelas oleh konsumen. namun anehnya pada billboard ini justru mematikan lampunya dan hanya menyalakan satu lampu saja agar lebih mengkomunikasikan kepada konsumen tentang pentingnya menghemat listrik.





Desain Billboard ini menurut saya adalah desain billboard dengan konsep yang paling unik. tidak menggunakan billboard dengan bentuk kotak, tapi menggunakan billboard dengan bentuk bola sepak. iklan sepatu NIKE di atas ditempelkan pada bangunan yang sengaja dirusak untuk mengesankan bahwa sepatu NIKE merupakan sepatu yang kuat.




 Media iklan yang satu ini sangat jarang kita lihat. bahkan media iklan berupa balon udara mungkin tidak ada di Indonesia mengingat harganya yang sangat mahal. media iklan satu ini tergolong sangat efektif karna berada di ketinggian sehingga banyak orang bisa melihat media ini tanpa pandangannya terhalang. media iklan ini juga bisa bergerak sehingga dapat menjangkau audience di beberapa tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar