Rabu, 10 Agustus 2011

Nilai JUPEDATANG pada acara TOT

Acara TOT yang diadakan sebagai pembekalan bagi para panitia OKK 2011 memberikan banyak manfaat.Dalam acara ini, peserta semakin dikenalkan dengan budaya-budaya yang ada di STIKOM.Salah satunya adalah budaya JUPE DATANG yakni JUjur, PEduli, cerDAs, dan TANGguh.

Jujur berarti mengatakan apa yang terjadi sebenarnya tanpa menutup-nutupi. Sifat ini sangat penting kita miliki, terutama untuk seorang pemimpin karena dengan jujur akan menimbulkan kepercayaan orang yang dipimpin terhadap pimpinannya. Sebaliknya apabila seorang pemimpin tidak memiliki sifat jujur, maka akan terjadi krisis kepercayaan terhadap pimpinan dan akhirnya seorang pemimpin yang seharusnya disegani malah akan diremehkan oleh anggotanya. Jujur dalam segala hal adalah yang terpenting sekalipun itu sulit dilaksanakan. Contohnya pada games kelapa-kepala pada acara TOT, pada games ini setiap tim diharuskan memiliki kejujuran. Walaupun tidak ada panitia yang mengawasi, tim harus membawa kelapa yang berat sampai ke garis finish dengan kepala mereka dan tetap mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia.

Peduli. Setiap dari kita diharapkan memiliki sifat kepedulian yang tinggi, dengan sifat kepedulian yang tinggi maka kita dapat merasakan apa yang orang lain rasakan dan begitupun sebaliknya. Jika semua orang mau peduli terhadap orang lain, maka tidak akan ada orang yang merasa kesusahan dalam hidupnya. Bayangkan jika satu orang kaya mau memberi makan satu orang miskin, maka angka kematian yang disebabkan oleh kelaparan, busung lapar, dan giziburuk akan berkurang per-tahunnya. Sedikit kepedulian yang kita berikan akan berdampak besar pada orang lain yang membutuhkan. Dalam kegiatan TOT kaepedulian kita diperlukan bagi anggota tim yang lain, terutama pada saat kegiatan menyongsong fajar. Anggota tim akan saling membantu satu sama lain jika medan yang dilalui sangat berat.

Cerdas harus dimiliki setiap the winner sejati.Dikatakan cerdas bukan hanya karena dapat meraih IPK yang tinggi, tapi yang terpenting adalah cerdas dalam memecahkan berbagai macam persoalan, cerdas dalam berpendapat,  dan cerdas dalam menempatkan diri ditengah-tengah orang lain. Ketika seseorang memiliki sifat cerdas, maka dia akan semakin diterima dan diakui oleh banyak orang. Games TOT yang erat kaitannya dengan kecerdasan adalah games stick kayu dan games baju, pedang, dan air. Dimana kita harus menemukan lebih dari satu jalan keluar jika kita dihadapkan dalam suatu permasalahan.

Tangguh.Dengan kegiatan padat yang kita lalui dalam mempersiapkan OKK 2011, kita harus tangguh dalam segala hal.Tangguh terhadap diri sendiri dan kondisi adalah kunci terpenting.Tangguh terhadap diri sendiri memiliki arti tangguh dalam melawan lelah, kantuk, dan capai yang mendera.Sementara tangguh terhadap kondisi memiliki arti tangguh terhadap cuaca panas dan bulan puasa dimana sebagian besar dari kita menjalankan ibadah puasa.Kegiatan TOT yang membutuhkan ketangguhan adalah kegiatan menyongsong fajar. Dimana pada kegiatan tersebut kita melalui medan yang sangat berat namun kita tetap berusaha melaluinya hingga pos terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar